sejarah kehidupan akankah seperti saat ini......? yang selalu terorganisir oleh lapunya zaman moder

Minggu, 04 Desember 2011

NATIONAL SYMPOSIUM & EAST-JAVA ADVANCES TRAINING 2011

Panitia Pelaksana

NATIONAL SYMPOSIUM &

EAST-JAVA ADVANCED TRAINING 2011

KABINET MAHASISWA PERJUANGAN

BEM KM-UTM 2011

A.   LATAR BELAKANG

Era reformasi telah mengiringi gerak hidup bangsa Indonesia beserta segenap dinamikanya lebih dari satu dekade. Bagi sebagian besar masyarakat indonesia, dengan wacana demokratisasi dan desentralisasi, gerakan reformasi telah berhasil meletakkan monomen perubahan tata hidup berbangsa dan bernegara di Indonesia sejak runtuhnya kekuasaan orde baru. Indikator perubahan secara umum pasca monumen reformasi 1998 paling tidak bisa dilihat dari kategori perubahan sistem politik dan pemerintahan hingga ke beberapa aspek strategis lainnya. Dalam konteks pemenuhan hak-hak demokratis publik dan terdistribusinya kewewenangan pengelolaan pemerintahan secara otonom hingga ke tingkat lokal, reformasi lagi-lagi memang patut diakui telah membawa kabar baik.
Lebih lanjut, di sektor pendidikan, peningkatan proporsi anggaran pendidikan dalam APBN Indonesia dari tahun ke tahun sama sekali tidak berbanding lurus dengan realitas di lapangan: akses pendidikan semakin susah bagi masyarakat miskin sementara biaya pendidikanpun tidak semakin terjangkau. Perubahan konstalasi politik pemerintah terbukti semakin rapuh, bahkan semakin rentan dari aksi-aksi destruktif semisal KKN. Dengan kata lain, tidak cukup memberi dampak positif secara siknifikan pada tuntunan peningkatan kualitas pelayanan publik atau terwujudnya good governence  sebagaimana ditekankan dalam prinsi-prinsip dasar pelaksanaan desentralisasi dan otonomi daerah. Lalu mengapa masalah-masalah di atas kelihatan semakin rumit akhir-akhir ini?. Ironi di mana-mana ketika demokrasi dalam proses politik menimbulkan kekacauan, praktik politik menjadi sangat transaksional, akses dan biaya pendidikan semakin susah seiring meningkatnya anggaran pendidikan, pengangguran terus bertambah dan kemiskinan kian tidak terkendali. Ditambah lagi praktik korupsi, kolusi dan nepotisme semakin marak dan tidak jarang dilakukan secara terang-terangan oleh pejabat negara.
Pembicaraan secara akademik tentu tidak akan bisa membaca akar persoalan di atas secara utuh. Dinamika hidup bangsa indonesia, paling tidak sejak revolusi 1945-1949 telah menunjukkan bahwa sebagai bagian integral dari sebuah sistem gioekonomi dan giopolitik-strategi internasional bernama globalisasi. Oleh sebab itu tidak berlebihan bila indonesia disebut sebagai salah satu negara paling rentan terpengaruh oleh dinamika dan perubahan di level internasional. Dalam kontek itu pula, jebakan LOI-SAP IMF dan Bank dunia selama puluhan tahun serta disusul dengan CAFTA adalah salah satu bukti bahwa indonesia semakin jauh masuk dalam pusaran pertarungan kepentingan politik-ekonomi global dan ketika dalam situasi sengitnya pertarungan internasional seperti sekarang ini, kita hanya bisa terus prihatin karna negara seakan hanya bisa tutup mata.
Pada sisi lain, kenyataan Indonesia pada satu kesatuan teritorial terus akan mengalami tantangan berat karna fatalnya pendekatan pertahanan dan keamanan negara dalam memandang posisi geografis kepulauan nusantara beserta bobot demografisnya. Dengan kenyataan serumit itu di mana tidak bisa dipungkiri masih saja ada gerakan-gerakan separatis yang bisa merusak keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Oleh karena itu, pada forum kali ini mengangkat tema “INDONESIA; Antara NEGARA KESATUAN dan GERAKAN SEPARATISME”(Upaya Mempertahankan Kedaulatan & Menjaga Keutuhan NKRI), tiada lain agar seyogyanya kegiatan ini menjadi bentuk gerakan antisipatif yang kemudian kita sekalian senantiasa tersadar akan pentingnya untuk selalu menjaga tujuan dasar para founding fathers negeri ini.
Dalam rangka itulah, pelaksanaan kegiatan National Symposium & Advanced Training 2011 ini dimaksud sebagai salah satu bentuk prakarsa membangun visi dan konsepsi gerakan mahasiswa paska kolapnya angkatan reformasi serta sebagai upaya dalam menyiapkan generasi baru yang visioner dalam membaca sejarah bangsa serta progresif dalam menyikapi problematika kehidupan kebangsaan.

B.   NAMA KEGIATAN

Nasional Symposium & East-Java Advanced Training 2011 Oleh Kabinet Mahasiswa
Perjuangan Badan Eksekutif  Mahasiswa Keluarga Mahasiswa-Universitas Trunojoyo Madura
(KMP BEM KM-UTM).

C.   TEMA

“INDONESIA; Antara NEGARA KESATUAN dan GERAKAN SEPARATISME”
(Upaya Mempertahankan Kedaulatan & Menjaga Keutuhan NKRI)

D.   TUJUAN
Secara umum kegiatan ini bertujuan untuk :
1.      Lahirnya kaum intelektual muda yang memiliki kerangka analisis yang tajam dan peka terhadap persoalan kondisi lingkungan sekitarnya.
2.      Merumuskan manifesto gerakan politik mahasiswa yang visioner.
3.      Mengkonsolidasikan gagasan dan komitmen gerakan kaum muda (Mahasiswa).

E.   SASARAN

Sasaran dari pada kegiatan ini meliputi individu, kelompok dan lembaga kemahasiswaan/kepemudaan serta kelompok lainnya, di seluruh Jawa Timur. Dan jumlah warga belajar (peserta) sebanyak 100 orang.


F.    LANDASAN KEGIATAN

1.      AD/ART BEM KM-UTM 2011
2.      GBHO BEM KM-UTM 2011
3.      Proker KMP BEM KM-UTM 2011

G.  WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

Tanggal     : 16-18 Desember 2011
Waktu                   : 08.00 sampai dengan selesai
Tempat      : Auditorium Kantor Pusat Universitas Trunojoyo Madura.


H.   FASILITAS YANG DIDAPATKAN PESERTA
1.      Penginapan,           4. Note Book,  7. Print Out Materi,
2.      Makan,     5. T-Shirt,
3.      Sertifikat,   6. ID Card,

I.      PERSYARATAN PESERTA

1. Setiap peserta memiliki rekomendasi lembaga atau organisasi yang mengutusnya.
2. Membayar kontribusi sebesar Rp. 100.000,-/orang.
3. Membawa bahan bacaan (buku, jurnal, prociding, dll.) terkait dengan tema kegiatan.
4. Membawa foto terbaru dengan ukuran 3 x 4 cm sebanyak 2 lembar.
5. Membawa foto copy sertifikat Intermediate Training (Diklat tingkat Fakultas)/sederajat.
6. Membawa Jas Almamater kampus.
7. Membuat makalah sesuai tema.

J.     MEKANISME REGESTRASI PESERTA

Pendaftaran peserta dilaksanakan pada tanggal 05 s/d 15 Desember 2011 yang dilengkapi    dengan : Curriculum Vitae, Surat pernyataan kesediaan, Foto copy KTM 1 lembar, Foto    terbaru ukuran 3 x 4 cm sebanyak 2 lembar, Foto copy Intermediate Training atau yang     setingkat, Rekomendasi lembaga yang mengutus, dikirim pada panitia Nasional Symposium & East-Java Advanced    Training 2011” BEM KM-UTM via email (bemutm@gmail.com) atau langsung di sekretariat BEM KM-UTM    paling lambat 15 Desember 2011.

K.   SUSUNAN KEPANITIAAN

(Terlampir)

L.    MANUAL ACARA

(Terlampir)

M. PENUTUP

Demikian TOR ini kami buat sebagai acuan peserta untuk terus menyukseskan kegiatan Nasional Symposium & East-Java Advanced    Training 2011” oleh KMP BEM KM-UTM 2011 demi menyongsong masa depan bangsa yang mandiri dan sejahtera.

FILE LENGKAP :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar